Cegah Risiko Terjadinya Stroke Ini Tips Dianjurkan Kalangan Medis

PADDENNUANG.COM, Parepare —  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Kota Parepare, mengajak masyarakat untuk mencegah faktor risiko perilaku penyebab terjadinya stroke.

Caranya, dengan menghindari beberapa perilaku. Direktur RSUD Andi Makkasau, dr Hj Renny Anggraeny Sari mengatakan, beberapa perilaku penyebab terjadinya stroke di antaranya 1 dari 5 kasus stroke akibat obesitas, dan 1 juta kasus stroke berhubungan dengan konsumsi alkohol berlebihan.

“Ingat, 1 dari 10 kasus stroke berhubungan dengan merokok, dan 1 dari 4 kasus stroke akibat kurang konsumsi buah dan sayur,” ingat dr Renny.

dr Renny mengungkapkan, stroke terjadi apabila pembuluh darah otak mengalami penyumbatan atau pecah. Akibatnya, sebagian otak tidak mendapatkan pasokan darah yang membawa oksigen yang diperlukan sehingga mengalami kematian sel atau jaringan.

“Jadi segera terapi dan rehabilitasi otak, kendalikan faktor risiko dan emosi,” pesan dr Renny.

Tips mencegah penyakit stroke di antaranya hindari asap rokok, tingkatkan konsumsi sayur dan buah, cek kesehatan secara rutin. Berolahraga secara teratur seperti aerobik minimal 3 kali seminggu, serta kurangi makanan asin dan bergaram. (Rsu/8)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *