RSAM Parepare Yakin Mampu Raih Akreditasi Paripurna

“Terimakasih atas kedatangan Tim Akreditasi Rumah Sakit. Hal ini sangat positif bagi kualitas rumah sakit kita. Adapun nantinya ada petunjuk dan arahan agar dapat segera ditindaklanjuti, Semoga RSUD Andi Makkasau Parepare dapat raih Akreditasi Paripurna,” ungkapnya.

Diketahui akreditasi rumah sakit adalah suatu pengakuan yang diberikan Pemerintah pada manajemen rumah sakit, karena telah memenuhi standar yang ditetapkan.

Rumah Sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan karakteristik tersendiri yang dipengaruhi perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan, kemajuan teknologi, dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang harus tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu dan terjangkau oleh masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya (UU No. 44/2009).

Menurut KARS jika suatu rumah sakit memiliki akreditasi paripurna akan mendapatkan manfaat yang sangat besar. Salah satu manfaatnya adalah rumah sakit yang ingin mendapatkan akreditasi internasional dari lembaga atau badan lainnya dari luar Negeri akan sangat mudah persyaratan dan standar yang diterapkan KARS dalam memperoleh akreditasi sama dengan lembaga atau badan akreditasi dari luar negeri lainnya. Selain itu juga akan dirasakan oleh dokter, perawat dan tenaga medis lainnya yang bekerja di rumah sakit yang mendapat akreditasi paripurna. Sebab, setiap tenaga medis telah memiliki standar pelayanan internasional. Mereka pun dapat bersaing dengan para tenaga medis yang berada di Negara lainnya, terlebih, dalam menghadapi era pasar bebas. (Rsu/6)