Parepare Paparkan Hasil 8 Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting

PADDENNUANG.COM. Makassar — Pemerintah Kota Parepare dalam hal ini Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) memaparkan hasil 8 Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2022 dalam Penilaian Kinerja Aksi Konvergensi Stunting Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2023, Kamis, 25 Mei 2023.

Semua Pemerintah Daerah di Sulsel turut memaparkan hasil aksi mereka dalam penilaian kinerja yang berlangsung di Hotel Maxone Makassar. Penilaian kinerja dibuka langsung Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman pada Rabu, 24 Mei 2023.

Wakil Wali Kota Parepare selaku Ketua TPPS Parepare, H Pangerang Rahim yang memaparkan hasil 8 Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting di Parepare pada 2022.

Di keanggotaan TPPS, Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe bertindak selaku pengarah, ketua adalah Wakil Wali Kota. Di jajaran Wakil Ketua ada tiga, yakni Sekda H Iwan Asaad, Kepala Bappeda, dan Ketua TP PKK Parepare. Sekretaris TPPS adalah Kepala Dinas PPKB Parepare. Sementara di bidang-bidang teknis masing-masing dikoordinir oleh Kepala SKPD dan pejabat terkait.

Dalam paparannya, Pangerang Rahim mengungkapkan, pada 2022 ada 5827 Balita jadi sasaran, 302 Balita sangat pendek, dan 779 Balita pendek. Sementara pada 2023, ada 7321 Balita jadi sasaran, 225 Balita sangat pendek, dan 784 Balita pendek.

Ada 8 aksi yang dilakukan Parepare, mulai Aksi 1 yaitu analisa situasi, Aksi 2 rencana kegiatan, Aksi 3 rembuk stunting. Rembuk Stunting ini mulai tingkat Kecamatan hingga tingkat Kota. Kemudian Aksi 4 regulasi terkait percepatan penurunan stunting yaitu Perwali Nomor 45 Tahun 2022 tentang Percepatan Penurunan Stunting. Berlanjut Aksi 5 yaitu pembinaan pelaku dan pemerintahan Kelurahan. Unsur pelaku adalah Tim Pendamping Keluarga (TPK), Kader Pembangunan Nasional, TPPS Kota, TPPS Kecamatan, TPPS Kelurahan.