HUT 78 Gereja Paroki St Petrus Kumpulkan 32 Kantong Darah Untuk Kemanusiaan

Dia mengemukakan, kegiatan donor darah sendiri juga merupakan salah satu cara untuk bisa memberikan harapan hidup kepada orang lain, sehingga dapat meningkatkan rasa kebersamaan.

“Selain bermanfaat untuk orang lain, manfaat donor darah juga dapat dirasakan oleh tubuh kita secara fisik maupun mental, di antaranya adalah, meminimalisir risiko penyakit jantung, dapat mengurangi kekentalan darah dalam tubuh, menurunkan tingkat kolesterol di dalam tubuh, dan dapat menurunkan kadar oksidan di dalam tubuh dengan meningkatkan kandungan antioksidan,” ulas Martha.

Sementara manfaat donor darah secara mental, di antaranya mengurangi stres, mengurangi perasaan negatif, meningkatkan kesejahteraan emosi, dan menurunkan rasa terasingkan.

“Dengan melakukan donor darah secara rutin, secara tidak langsung kita juga bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Karena petugas akan melakukan pemeriksaan detak jantung, tekanan darah hingga tingkat HB (Hemoglobin) sebelum melakukan pengambilan darah,” ingat Martha.

Martha berharap, dengan berbagai manfaat donor darah itu mampu memberikan dorongan kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti program donor darah.

“Tidak harus di Unit Transfusi Darah (UTD), donor darah juga bisa dilakukan di berbagai tempat yang mengadakan program donor darah. Sehingga dapat memudahkan masyarakat yang ingin mengikuti program donor darah,” Terangnya.(*)