Erna Rasyid Taufan Gagas Lomba Berbalas Pantun Berbahasa Bugis, Libatkan Istri Camat dan Lurah Hingga Ibu Tumah Tangga

PADDENNUANG.COM, Parepare — Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan kembali melakukan terobosan dalam upaya revitalisasi bahasa daerah, khususnya di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Kali ini dengan menggagas lomba Berbalas Pantun menggunakan bahasa daerah Bugis. Lomba ini diperuntukkan untuk para istri Camat dan Lurah (Ketua PKK Kecamatan dan Kelurahan) hingga para kader PKK yang mayoritas merupakan Ibu Rumah Tangga (IRT).

Erna Rasyid Taufan mengatakan, keluarga merupakan ujung tombak dalam pelestarian bahasa daerah untuk anak-anaknya, sehingga diharapkan mereka dapat menjadi teladan untuk keluarga dan anak-anaknya.

“Itulah sebabnya kita gagas lomba berbalas pantun berbahasa daerah Bugis agar para istri Camat dan Lurah bisa memberikan keteladanan penggunaan bahasa daerah di rumah,” ujar ERAT, akronim nama Istri Taufan Pawe, Wali Kota Parepare saat dihubungi, Jumat, (23/6/2023).

Erna yang berhasil mengantarkan Wali Kota Parepare meraih penghargaan sebagai Wali Kota satu-satunya di Indonesia yang meraih penghargaan revitalisasi bahasa daerah oleh Kemdikbudristek ini juga menguraikan alasan pemilihan lomba berbalas pantun disebabkan pantun merupakan kekayaan budaya bangsa yang harus dilestarikan.