Musrenbang RKPD 2023, Wali Kota Tegaskan Komitmen Jadikan Parepare Pilar Utama Pembangunan

Di penghujung sambutan, Pangerang mengingatkan tentang tema Musrenbang RKPD 2023 yakni Pemantapan Pertumbuhan Ekonomi, Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Pembangunan Manusia yang berkualitas dan berkarakter.

Pemilihan tema ini diharapkan agar pelaksanaan kegiatan pembangunan dapat memperkuat kegiatan perekonomian daerah yang mulai menggeliat kembali berkat kebijakan-kebijakan Pemerintah Kota Parepare yang selalu memihak kepada para pelaku usaha. Selain itu, pemantapan pertumbuhan ekonomi diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat Parepare mengalami peningkatan secara signifikan.

“Sejalan dengan tema itu, prioritas pembangunan Kota Parepare tahun 2023, adalah pemberdayaan ekonomi dan sosial masyarakat, pengembangan infrastruktur daerah, peningkatan kualitas pembangunan manusia, pengembangan kepariwisataan, peningkatan keterampilan tenaga kerja, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan kawasan permukiman, peningkatan kualitas SDM serta tata kelola pemerintahan dan layanan publik,” ungkap Pangerang.

Sementara Kepala Bappeda Parepare, Samsuddin Taha dalam laporannya mengungkapkan, Musrenbang dilaksanakan sebagai upaya mendorong partisipasi masyarakat agar terlibat secara aktif dalam perumusan perencanaan pembangunan daerah. Peran aktif masyarakat dalam setiap penyelenggaran Musrenbang sangat dibutuhkan agar seluruh program/kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat itu sendiri dan menjadi solusi cerdas dari permasalahan yang dihadapi.

“Musrenbang RKPD Tahun 2023 merupakan salah satu tahapan dalam Penyusunan RKPD Kota Parepare Tahun 2023. Musrenbang ini akan menjadi muara dari seluruh usulan-usulan prioritas yang disampaikan saat pelaksanaan Musrenbang Kelurahan, Musrenbang Kecamatan, Musrenbang Anak, serta Musrenbang Perempuan,” tandas Samsuddin.

Musrenbang RKPD juga ditandai dengan penyerahan Pokok-pokok Pikiran DPRD oleh Ketua DPRD Parepare, Hj Andi Nurhatina Tipu kepada Kepala Bappeda Samsuddin Taha.

Hadir dalam Musrenbang, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Sulkaf S Latief yang mewakili Gubernur Sulsel, para Asisten Setdako Parepare, jajaran Kepala SKPD Pemkot Parepare, dan stakeholder terkait.

Juga hadir narasumber dari Bappelitbangda Sulsel, Anna Buana Syamson SHut MSi, Perencana Ahli Madya Provinsi Sulsel, yang berbicara didampingi moderator Sekretaris Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun. (Hms/3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *