Diklat Pelatih dan Wasit Taekwondo, Taufan Pawe Dukung Sulsel Cetak Atlet Berprestasi

PADDENNUANG.COM, Parepare — Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe hadir sekaligus membuka kegiatan Diklat Pelatih dan Wasit Taekwondo Daerah Sulawesi Selatan yang dipusatkan di Hotel Bukit Kenari, Parepare, Rabu (22/2/2023).

 

Diklat diikuti oleh pelatih dan wasit di Sulsel. Pengurus Taekwondo Indonesia (TI) Sulsel turut hadir. Ketua KONI Parepare, Zulham Arief dan Ketua TI Parepare beserta jajaran turut hadir.

 

Dari Pemkot Parepare, hadir Asisten I Hj Amina Amin, Staf Ahli M Anwar Amir, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Amarun Agung Hamka, dan jajaran Pemkot Parepare lainnya.

 

Taufan Pawe dalam sambutannya mengapresiasi Diklat tingkat Provinsi ini. Dia berharap melalui Diklat ini para pelatih dan wasit dapat mengetahui bagaimana menjadi pelatih dan wasit yang baik dan benar dalam menghasilkan atlet yang berprestasi.

 

Pelatih dan wasit olahraga, kata dia, merupakan seseorang yang kompeten dalam suatu cabang olahraga. Jika pelatih bertugas untuk menyiapkan fisik juga mental olahragawan ataupun kelompok olahragawan, maka wasit memiliki tugas mengatur jalannya suatu pertandingan olahraga serta menegakkan peraturan yang berlaku selama pertandingan berlangsung.

 

“Dalam sebuah pertandingan, pelatih punya peran yang cukup sentral dalam menentukan taktik dan strategi. Pelatih juga berperan dalam memberikan latihan fisik dan dukungan moral kepada para olahragawan dalam menghadapi pertandingan atau perlombaan,” ingat Taufan Pawe (TP).